Welcome To Automotive Spot Automotive Spot All About Automotive

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kami , semua informasi tentang otomotif terdapat di Blog kami selamat menikmati.
Welcome To Our Blog , all information about automotive is in our Blog Enjoy it !

Sabtu, 22 September 2012

Opening Ceremony The 20th Indonesia Internasional Motor Show Bersiap Menjadi Industri Otomotif Terdepan di Asia Tenggara

Opening Ceremony The 20th Indonesia Internasional Motor Show  Bersiap Menjadi Industri Otomotif Terdepan di Asia Tenggara


Jakarta, 21 September 2012  Pameran otomotif terbesar di Indonesia, The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 hari ini (21/09) diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Boediono serta disaksikan pula oleh Menteri Perindustrian, Mohammad S. Hidayat, Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, dan para pejabat maupun duta besar negara sahabat.

IIMS tahun ini diselenggarakan selama 11 hari, satu hari lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan demi memberikan waktu yang lebih banyak kepada pengunjung untuk menikmati pameran dan kesempatan yang lebih banyak bagi Agen Pemegang Merek (APM) untuk menunjukkan kelebihan produk-produk terbaru mereka.

Berbicara di depan para undangan saat membuka IIMS 2012, Wakil Presiden Boediono menyatakan Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa. Besarnya potensi pasar ini bisa digunakan untuk mendorong bisnis. “Kita memiliki faktor yang bisa digunakan untuk mengangkat pasar domestik yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar”. Boediono mengatakan bahwa dengan arahan yang tepat kolaborasi faktor keunggulan tersebut dapat membawa  Indonesia menjadi yang terdepan. Boediono juga menyatakan dukungan pemerintah terhadap pengembangan teknologi kendaraan hybriddan kendaraan listrik yang memiliki potensi pengembangan jangka panjang. Kedua teknologi ini sejalan dengan tema Eco-Mobility yang diusung IIMS 2012. Selain hybrid dan listrik, gas juga menjadi salah satu hal yang bisa dikembangkan untuk teknologi otomotif. Terkait hal ini, Wakil Presiden Boediono menyatakan bahwa pemerintah mendorong pemanfaatan gas untuk transportasi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara IIMS 2012, Johnny Darmawan menyatakan bahwa saat ini industri otomotif Indonesia menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Dalam lima tahun terakhir industri otomotif mengalami peningkatan yang signifikan dan permintaan pasar dari tahun ke tahun terus menunjukkan kenaikan. Dan pada tahun 2012 industri otomotif kembali menorehkan pencapaiannya, hal tersebut terlihat dari angka produksi hingga bulan Juli  yang naik sebanyak 33,5% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. “Kami berharap dalam waktu dekat, industri otomotif nasional bisa menjadi yang terdepan di ASEAN. Selain itu, kami juga berharap penyelenggaraan Indonesia International Motor Show ini bisa memotret kemajuan industri otomotif nasional serta kemajuan ekonomi Indonesia pada umumnya.”

Johnny juga menyatakan dalam sambutannya bahwa potensi pasar yang besar di Indonesia mendorong hampir semua APM di Indonesia terus meningkatkan nilai investasinya di industri otomotif nasional dengan menambah kapasitas produksi dan juga menambah pilihan lini produk mereka dipasaran. Pergerakan agresif APM juga menjadikan industri otomotif sebagai salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi terbesar terhadap GDP nasional, saat ini industri otomotif menjadi salah satu sektor penyumbang pajak terbesar dengan angka kontribusi mencapai 80 triliun Rupiah. “Jumlah ini bisa lebih besar lagi apabila seluruh mata rantai otomotif lainnya ikut diperhitungkan” jelasnya.

Penyelenggaraan IIMS tahun ini merupakan pameran otomotif terbesar yang pernah diselenggarakan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) baik dari segi peserta maupun luas area yang digunakan. Pameran IIMS 2012 kali ini diikuti oleh total 310 perusahaan, yang terdiri dari 35 merek kendaraan bermotor (APM) serta 275 perusahan pendukung industri otomotif, termasuk juga unit usaha berskala kecil dan menengah. Sementara untuk luas area yang digunakan, pameran akbar IIMS tahun ini menggunakan lahan seluas 100 ribu meter persegi dimana 71.331 m2 digunakan untuk luas area pameran, naik 10 % dibanding luas area tahun lalu yang menempati lahan seluas 63.654 m2. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga. “Kami harap seluruh inovasi pada penyelenggaraaan IIMS tahun ini akan dapat menarik 350 ribu pengunjung dan meningkatkan jumlah transaksi yang telah kami catatkan di tahun 2011” imbuh Johnny.
Semangat Eco-Mobility

Tahun ini, Indonesia International Motor Show mengangkat tema “Eco-Mobility” yang mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang baru, mendukung cara cerdas bertransportasi, dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, serta efisiensi penggunaan bahan bakar. Pemilihan tema “Eco-Mobility” dipicu oleh perilaku berkendara saat ini yang sering membawa dampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, serta dukungan infrastruktur kota yang belum sepadan. Masyarakat perlu solusi tepat untuk bertransportasi dengan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, sekaligus dapat menambah daya dukung pada lingkungan sekitar.

Seluruh APM peserta the 20th IIMS 2012 memperlihatkan semangat yang tinggi untuk mendukung tema yang diusung IIMS. Hal ini bisa dilihat dari tampilan booth para peserta yang dengan temanya masing-masing tetap mencerminkan semangat  “Eco-Mobility”, seperti booth Chrysler Indonesia dengan tema “Stay Driven: Harmony & Technology”, booth Toyota Indonesia dengan tema “Goodness for Tomorrow”, dan booth Nissan Motor Indonesia dan Infiniti Indonesia dengan tema “Innovation that Excites”. Pada hari pembukaan ini, Wakil Presiden Boediono berkesempatan menyaksikan langsung semangat “Eco-Mobility” yang ditampilan oleh para peserta IIMS 2012 melalui tampilan booth mereka dan mendapat sambutan hangat dari APM peserta IIMS tahun ini.

Memberi Kenyamanan Lewat Berbagai Fasilitas

Demi kenyamanan dan keamanan peserta dan pengunjung IIMS 2012, pihak panitia telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung berupa Medic RoomNursery Room, ATM Center di Pusat Niaga JIExpo,Charging Corner, dan Smoking Area. Untuk pengunjung yang datang bersama keluarga tersedia pula Kids Corner di Hall B1 dimana anak-anak bisa bermain sambil diawasi oleh petugas berpengalaman sementara orang tua mereka menikmati pameran.

Tersedia pula free shuttle bus dengan area pick up dan kantung parking yang lebih banyak. Sebanyak 38 armada shuttle bus siap untuk membawa pengunjung ke lokasi pameran di JIExpo dari 6 area di sekitar Jakarta yaitu Margo City Depok, Mega Glodok Kemayoran, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall 2, Tamini Square, dan Central Park. Panitia juga menyiapkan area parkir tambahan yang dekat dengan lokasi JIExpo yakni di MGK (Mega Glodok Kemayoran). Dari MGK pengunjung akan disediakan shuttle bus untuk menjemput dan mengantar ke area IIMS 2012. “Dengan adanya berbagai fasilitas ini, kami berharap penyelenggaraan IIMS tahun ini bisa menarik 350 ribu pengunjung,” ujar Johnny Darmawan.
Info: www.indonesianmotorshow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar